Selasa, 22 Mei 2012

tugas seni budaya - fungsi musik pada zaman modern


Fungsi Musik Pada Zaman Modern

Periode zaman modern dimulai pada tahun 1900-an sampai sekarang. Pada periode ini, telah terjadi perubahan kebudayaan manusia secara drastis dari zaman-zaman sebelumnya. Hal yang mempengaruhinya adalah hasil penemuan para ahli pada zaman ini, seperti energi listrik, mesin uap, pesawat terbang, dan komputer. Dengan demikian, peradaban manusia zaman modern sangat berbeda dengan peradaban manusia abad ke 19 sebelumnya.
Perubahan yang cukup signifikan terjadi juga pada bidang musik, yaitu dengan dibuatnya alat-alat musik yang menggunakan energi listrik atau biasa disebut alat musik electric, seperti gitar, bass, dan keyboard. Dengan kondisi seperti ini, terjadi perkembangan fungsi musik yang semakin meluas, bukan saja terbatas pada masalah estetis saja, melainkan juga pada masalah eksistensinya di tengah masyarakat. Fungsi pokok musik pada zaman Modern diantaranya:

  1. Fungsi Pengungkapan Emosional
Setiap manusia pasti memiliki perasaan kagum pada dunia ciptaan Tuhan,seperti perasaan sedih,rindu, tenang, dan bahagia. Apabila seseoarang mampu mengolah satu atau beberapa perasaan tadi menjadi sebuah karya musik,misalnya lagu.Ini berarti bahwa orang tersebut telah memahami fungsi musik sebagai media pengungkapan emosional.Keadaan ini harus diikuti oleh arturan-aturan yang mendasari teknik penciptaan sebuah lagu sehingga tercipta sebuah karya yang memiliki nilai dan makna yang baik.

  1. Fungsi Hiburan
Aristoteles, filsuf Yunani yang lahir di Stagira pada tahun 384 SM, mengatakan bahwa musik mempunyai kemampuan untuk mendamaikan hati yang gundah. Sehubungan dengan itu musik memiliki efek terapi yang rekreatif dan lebih jauh lagi dapat menumbuhkan jiwa patriotisme. Pandangan Aristoteles ini setidaknya memberikan gambaran kepada kita bahwa dalam mengarungi bahtera kehidupannya, manusia tidak selalu menjumpai hal-hal yang menyenangkan. Suatu ketika ia bisa mengalami peristiwa yang menyedihkan, memilukan, atau bahkan menyakitkan, sedangkan di lain waktu, bisa juga mengalami peristiwa yang sungguh menyenangkan.
Musik dapat mempengaruhi hidup seseorang, hanya dengan musik, suasana ruang batin seseorang dapat dipengaruhi. Entah apakah itu suasana bahagia ataupun sedih, bergantung pada pendengar itu sendiri. Yang pasti, musik dapat memberi semangat pada jiwa yang lelah, resah dan lesu. Apalagi bagi seseorang yang sedang jatuh cinta, musik seakan-akan dapat menjadi kekuatan untuk menyemangati perjalanan cinta seseorang. Sebagai hiburan, musik dapat memberikan rasa santai dan nyaman atau penyegaran pada pendengarnya. Terkadang ada saat pikiran kita lagi risau, serba buntu, dan tidak tahu apa yang harus dilakukan; dengan mendengarkan musik, segala pikiran bisa kembali segar. Hasilnya, kita bersemangat kembali mengerjakan sesuatu yang tertunda.
Di samping itu sebagai hiburan, musik juga dapat menyembuhkan depresi, musik terbukti dapat menurunkan denyut jantung. Ini membantu menenangkan dan merangsang bagian otak yang terkait ke aktivitas emosi dan tidur. Peneliti dari Science University of Tokyo menunjukkan bahwa musik dapat membantu menurunkan tingkat stres dan gelisah. Penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik klasik adalah cara terbaik untuk membantu mengatasi depresi.
Musik diciptakan para komponis dan disampaikan kepada masyarakat dengan tujuan dapat di apresiasidengan baik serta diharapkan dapat mendatangkan kepuasan batin bagi penikmatnya.Hal tersebut sangat dimungkinkan, karena pada dasarnya musikterdiri atas serangkaian keindahan suara yang di wujudkan oleh rangkaian nada-nada dan ritme yang harmonis.Selain itu, dapat memberi rasa senang dan bahagia kepada penikmatnya apabila sesuai dengan seleranya.dengan kata lain,musik dapat berfungsi sebagai hiburan apabila dapat di apresiasi oleh penikmatnya.


  1. Fungsi Sosial
Musik sebagai sebuah karya cipta mengandung nilai sosial yang dapat memberi kontribusi terhadap tatanan hidup masyarakat,baik secara individu maupun kelompok.Musik dapat menciptakan sebuah profesi yang mampu mendatangkan penghargaan bagi seseorang,baik secara materi maupun non materi.Banyaknya terbukti seorang komponis,musisi,arranger atau produser musik meraih sukses dalam hidupnya berkat musik.selain itu musik dapat berperan sebagai identitas perorangan, kelompok,tempat, waktu,bahkan identitas kebudayaan tertentu.

  1. Fungsi Reaksi Jasmani
Musik mengandung daya rangsang kinestetik (reaksi jasmani) yang dapat member pengaruh kepada penikmatnya untuk memberi respon, baik secara aktif maupun pasif. Respon aktif biasanya berupa geraka-gerakan fisik ataupun peniruan sajian karya musik yang  didengarnya.Adapun respon pasif berwujud penghayatan yang lebih mengutamakan kegiatan mendengarkan dan memaknai karya musik yang didengarkan secara mendalam.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar